Rabu, 11 Februari 2015

CARA MUDAH MEMBUAT PATTERN DI PHOTOSHOP

 Pada kesempatan kali ini, Jaka akan menjelaskan bagaimana cara membuat “Pattern” atau gambar pola di Photoshop. Seperti kita ketahui, pattern biasanya digunakan untuk membuat background atau foreground bercorak atau bertekstur. Sebenarnya, dalam Photoshop sendiri sudah tersedia banyak template pattern, namun terkadang pattern-pattern tersebut tidak cocok dengan desain yang kita buat. Untuk itu, kita perlu membuat pattern sendiri. Langsung saja, berikut Jaka jelaskan langkah-langkahnya.
1. Buat dokumen baru ukuran 200 x 200 piksel, lalu klik OK.
2. Pilih tool Rounded Rectangle ToolRadius: 10 px. Klik dan seret pada layar untuk membuat kotak ukuran 190 x 190 px. Pastikan posisi kotak berada tepat di tengah-tengah layar.
3. Sekarang saatnya kamu membuat pattern. Pilih Edit > Define Pattern, beri nama pattern yang kamu buat sesuai keinginan. Di sini Jaka memberi nama “Kotak Orange”.
4. Untuk mencoba pattern yang telah kamu buat, buat dokumen baru ukuran 1920 x 1080 px. Pilih menuEdit > Fill, pada kolom Use: pilih Pattern, pada Costum Pattern: pilih pattern yang tadi kamu buat(Kotak Orange)
5. Hasilnya seperti gambar di bawah.
Yang Jaka jelaskan di atas merupakan langkah yang paling mudah dan contoh pattern yang paling sederhana. Selanjutnya kamu dapat berkreasi dan mengembangkan kemampuan serta imajinasi sesuai dengan kreativitas yang kamu miliki. Selamat berkarya.

Contoh pattern:

1 komentar: