Rabu, 11 Februari 2015

CARA DOWNGRADE BERBAGAI APLIKASI DI HP ANDROID

 Melakukan update pada aplikasi yang terpasang di Android bukan hal yang sulit. Kamu tinggal menunggu notifikasi dari pengembang dan tinggal mengaktifkan update untuk melakukannya. Tapi bagaimana jika kamu tidak puas dengan performa aplikasi tersebut setelah diupdate dan ingin mengembalikannya ke versi sebelumnya? Beberapa aplikasi menyediakan fungsi untuk menghapus update dan mengembalikan ke versi awal. Namun ada beberapa aplikasi yang tidak bisa menyediakan fungsi tersebut. Untuk aplikasi yang tidak menyediakan fungsi tersebut, ada trik yang bisa kamu coba. Berikut caranya:
  1. Hapus terlebih dahulu aplikasi yang dituju agar nantinya kamu bisa memasang aplikasi versi lama secara utuh (tentunya hal ini akan menghapus seluruh data yang ada). Masuk keSettings>Device>Apps. Dari sini pilih aplikasi (misalnya WhatsApp), tekan WhatsApp dan pilihUninstall.
  2. Proses instalasi dari luar Play Store membutuhkan aktivasi fungsi keamanan agar sistem bisa melakukan instalasi file APK. Masuk ke Settings>Security, beri tanda centang pada Unknown sources. Klik OK untuk konfirmasi.
  3. Buka peramban di Android (misalnya Chrome) dan masuk ke situs Xeeapk (http://xeeapk.com). Cari aplikasi yang diinginkan. Sebagai contoh, ketikkan Whatsapp pada kolom Search dan tekanGo.
  4. Hasil pencarian akan menampilkan seluruh aplikasi WhatsApp dari berbagai versi. Perhatikan kode versi untuk memastikan versi yang hendak kamu gunakan. Selanjutnya tekan aplikasi tersebut untuk proses selanjutnya.
  5. Geser ke bawah hingga tampil link Download. Tekan Download untuk mengunduh dan tunggu hingga proses selesai.
  6. Setelah selesai, buka notifikasi dan tekan WhatsApp Messenger Download Complete. Selanjutnya lakukan proses instalasi dengan menekan tombol Install.
  7. Jika tidak terlihat notifikasi seperti pada langkah ke 6 setelah selesai mengunduh, arahkan ke folder dimana kamu mengunduh file APK tadi. Kamu bisa melakukannya menggunakan aplikasi File Manager. Tekan file APK tersebut dan akan tampil jendela untuk proses instalasi. Tekan Install dan proses pemasangan akan berjalan hingga selesai

1 komentar: